
#BahasaBisnis 101 – USP
Hi sobat Bahasabisnis.id ! Kita kenalan sama teknik USP yuk atau biasanya sering dikenal dengan Unique Selling Proposition.
Teknik Unique Selling Proposition digunakan untuk menarik perhatian pelanggan dan meyakinkan mengapa mereka harus memilih produk atau layanan sobat Bahasabisnis.id daripada yang lain.
Ada enam dasar dalam teknik USP meliputi:
- Mengenal Pelanggan: Pahami kebutuhan dan preferensi pelanggan kita. Apa yang mereka cari dan nilai dalam produk atau layanan?
- Menekankan Keunggulan: Identifikasi faktor atau fitur unik yang membuat bisnis kita berbeda dari yang lain. Fokus pada keunggulan yang paling relevan bagi target pasar kita.
- Solusi Masalah: Tinjau bagaimana produk atau layanan kita dapat memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik daripada pesaing.
- Sederhana dan Jelas: USP harus diungkapkan dengan singkat, jelas, dan mudah dimengerti oleh pelanggan.
- Berfokus pada Nilai: Sampaikan manfaat dan nilai tambah yang diberikan oleh USP kepada pelanggan. Mengapa mereka harus memilih kita?
- Konsisten: Pastikan USP mendukung citra merek secara keseluruhan dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan kita.

Kita akan mengambil contoh penjual kue, ia menekankan ciri khas dari produknya merupakan homemade dan resep keluarga turun. Maka dari itu, ia menggunakan teknik USP seperti ini:
Toko Kue Nyonya Desti
“Nikmati sentuhan nostalgia tahun 1950 dengan Kue Jadoel (Jaman Doeloe) dari 3 generasi keluarga, semuanya homemade dengan tangan penuh cinta. Rasakan cita rasa masa lalu dalam setiap gigitan. Kue-kue kami diracik menggabungkan rempah-rempah dan resep premium turun temurun. Nikmati kelezatan tak terlupakan dari lembaran cerita keluarga yang berharga.”
Disini dijelaskan bahwa kue tersebut memiliki tingkat keunikan tersendiri menggunakan rempah-rempah, bahan premium, hingga resep jadoel. Selain itu, ada penyampaian pesan menitik beratkan keluarga dan buatan tangan atau homemade.
Dengan memiliki USP yang kuat, kita dapat menonjol di pasar dan menarik pelanggan baru. Pelanggan akan tertarik untuk mencoba produk atau layanan kita karena ada hal unik dan istimewa yang ditawarkan.
Jadi, perhatikan keunikan bisnis kita ya sobat Bahasabisni.id dan jangan lupa buatlah Unique Selling Proposition yang jelas dan menarik bagi pelanggan!
Salam Bahasa Bisnis,
Shafira Destiana
Leave a Comment