
Color Branding: Warna yang Membuat Viral Artis dan Bisnis
Saat melihat sesuatu berwarna ungu, apakah kalian langsung terpikir akan boyband asal Korea, BTS? Atau apakah kalian lebih teringat akan Olivia Rodrigo?

Terlepas dari siapa yang lebih terasosiasikan dengan warna ungu, fenomena di mana selebriti dan artis jaman sekarang seringkali terlihat seperti mengklaim suatu warna ini bukanlah sebuah kebetulan. Agensi yang berada dibalik para artis ini berusaha keras untuk membuat sebuah koneksi antara image sang artis dan sebuah warna yang khas. Dari memilih baju-baju yang bernuansa ungu, memilih cover album dengan elemen ungu, bahkan melakukan brand collaboration dan membuat produk menggunakan warna ungu. Tujuan mereka adalah membuat konsumen melihat warna ungu yang khas tersebut dan langsung teringat dengan idola mereka.

Tapi kenapa? Apa pentingnya sebuah warna? Tidak hanya untuk artis, tetapi jika dilakukan dengan benar, sebuah warna bisa sangat mempengaruhi branding dari sebuah bisnis dan sekaligus membuatnya menjadi tak terlupakan!
Color branding merupakan konsep yang baru-baru ini mulai viral, dan seringkali digunakan saat membahas mengapa seorang selebriti atau sebuah bisnis bisa sangat relevan dalam konteks online, terutama di media sosial. Dan ditemukan bahwa, jika kita memiliki asosiasi yang sangat kuat antara sebuah brand dan sebuah warna, maka akan lebih mudah bagi brand tersebut untuk tetap berada di pikiran kita, bahkan dalam alam bawah sadar kita. Saat melihat warna tersebut, image dari brand tersebut juga akan teringat. Jadi bukan hanya untuk artis, tetapi color branding juga penting untuk sobat Bahasa Bisnis yang ingin membuat branding yang ikonik.
Mengikuti teori warna, selalu ada sebuah emosi atau image yang dibawa oleh sebuah warna. Merah yang terlihat berapi-api atau biru yang terkesan akademis. Saat melihat warna merah, mungkin yang pertama kali diingat adalah McDonalds. Bukan hanya logo, tetapi warna packaging serta poster dan iklan yang selalu memiliki unsur merah dan kuning khas membuat McDonalds bisa selalu berada di alam bawah sadar para konsumen.
Jadi, saat sobat Bahasa Bisnis sedang memikirkan branding bisnis, jangan lupa warnanya. Pilih yang unik dan khas agar susah dilupakan!
Salam Bahasa Bisnis,
Angelina Wu
Leave a Comment