
Perbedaan Pemasaran dan Penjualan
Kadang masih banyak orang yang tertukar bahkan tidak memahami betul definisi dari Pemasaran dan Penjualan. Kita kupas tuntas yuk sobat @bahasabisnis.id!

Penjualan sepenuhnya beriorientasi pada produk dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk, sedangkan pemasaran sepenuhnya berorientasi pada pelanggan dapat berupa promosi atau iklan sehingga memang menargetkannya pada pelanggan.
Mengenai strateginya, penjualan menggunakan strategi dorong, sedangkan pemasaran menggunakan startegi tarik. Yang dimaksud dorong ini yaitu dimana penjualan terus memberikan tenaga extra pada mendorong penjualan produknya sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk strategi tarik yaitu cara menarik masyarakat agar menjadi pelanggannya.
Tujuan utama pemasaran yaitu menganalisis kebutuhan pelanggan, membuat produk, menawarkan produk/jasa untuk memenuhi persyaratan tersebut yang didorong oleh media promosi. Sedangkan untuk penjualan yaitu untuk memaksimalkan keuntungan keseluruhan bisnis melalui pemaksimalan penjualan diakhiri oleh Teknik closing penjualan.
Tiga perbedaan utama antara Pemasaran dan Penjualan:
Pemasaran:
1. Berfokus pada keinginan dan kebutuhan konsumen.
2. Menentukan dan memikirkan solusi untuk memenuhi keinginan konsumen.
3. Tujuan akhirnya terletak pada kepuasan konsumen.
Penjualan:
1. Berfokus pada produk.
2. Membuat produk dan kemudian memikirkan bagaimana menjualnya.
3. Berorientasi pada laba, volume penjualan

Pemasaran dan penjualan memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis jangka panjang. Setelah membaca tulisan ini tentang Perbedaan Pemasaran dan Penjualan, semoga sobat @bahasabisnis.id dapat lebih memahami perbedaannya ya!
Salam,
Bahasa Bisnis
Leave a Comment