
Rahasia Ketangguhan Ibu Hebat dibalik Berdirinya Dom’s Bakery
Halo sobat @Bahasabisnis.id, setuju nggak bahwa ketangguhan seorang ibu mengalahkan segalanya? Kali ini, salah satu kisah inspiratif datang dari seorang UMKM asal Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Sri Wulandari atau kerap disapa Wulan adalah seorang single mom yang menggeluti usaha kuliner, khususnya pada bidang bakery (cookies dan snack).

Dom’s Bakery yakni usaha yang dijalani oleh Wulan yang lahir dari mengisi waktu luang. Berbekal keahlian baking yang didapatkan secara turun-temurun, Wulan mencoba mencari penghasilan tambahan dari hasil baking tersebut. Awalnya usaha ini dijalankan di Jakarta, tetapi sempat sedikit terhambat karena dibarengi dengan pekerjaan utama sehingga belum optimal. Hingga akhirnya pada tahun 2021, Wulan mulai mendalami usaha tersebut.
Titik balik datang ketika menghadapi perpisahan dalam rumah tangga dan memutuskan untuk pindah ke Gunungkidul, Yogyakarta. Kehadiran anak-anaknya menjadi sebuah motivasi terbesar Wulan dalam membulatkan tekad untuk memiliki penghasilan dan usaha sendiri. Perlahan tapi pasti, dengan melakukan pemasaran lewat Whatsapp Story dan word-of-mouth marketing (pemasaran dari mulut ke mulut), nama Dom’s Bakery mulai dikenal masyarakat.
Bagi Wulan, motivasi utama dalam mempertahankan Dom’s Bakery adalah anak-anaknya. Dalam wawancaranya bersama Bahasabisnis.id, Wulan mengatakan bahwa “Semuanya untuk anak-anak. Saya bertahan karena anak-anak.” Kehadiran anak-anak menjadi suntikan semangat terbesar bagi Wulan dalam menjalani usaha sekaligus menghadapi berbagai tantangan. Keahlian yang sudah dimiliki oleh Wulan kemudian dikembangkan demi anak-anak yang menjadi alasan sekaligus penguat utama. Wulan mengakui bahwa tantangan dalam usaha memang banyak, namun tantangan terbesar justru datang dari mental. Meski begitu, ia percaya tantangan lain masih bisa untuk dihadapi.
Sejak mengikuti kegiatan “GREBEK UMKM Digital Marketing” yang diselenggarakan oleh Rumah BUMN Gunungkidul, Wulan merasakan impact positif dengan ilmu yang diberikan dari kegiatan tersebut. Rumah BUMN Gunungkidul sendiri dikenal sering menyelenggarakan beberapa kegiatan atau program yang membantu UMKM-UMKM, salah satunya adalah GREBEK UMKM Digital Marketing. Program ini memiliki tujuan untuk seluruh peserta dapat meningkatkan kapasitas usaha yang dijalani secara berkelanjutan dan menjadi langkah nyata dari Rumah BUMN Gunungkidul untuk membantu UMKM dapat naik kelas dan siap menghadapi tantangan-tantangan dalam bisnis kedepannya.
Dengan bergabungnya bersama Rumah BUMN Gunungkidul, Wulan merasa terbantu karena dapat melakukan pengenalan produk secara digital, mulai dari mendesain kemasan produk dengan lebih menarik. Hal inilah menjadi salah satu alasan peran penting dari kehadiran Rumah BUMN Gunungkidul bagi UMKM-UMKM sekitar yang ingin mengembangkan bisnis sehingga para pelaku usaha mendapatkan dukungan yang sesuai dan dapat beralih menjadi usaha yang lebih profesional dan berkelanjutan.
Kisah dari Wulan selaku owner dari Dom’s Bakery dapat menjadi sebuah kisah inspiratif dalam melihat kegigihan seseorang berjuang dalam menggeluti usahanya, terkhusus dedikasi kuat seorang ibu yang hebat untuk anak-anaknya. Dengan dorongan motivasi dari anak-anak dan dukungan penuh dari Rumah BUMN Gunungkidul membuktikan bahwa Dom’s Bakery dapat berkembang lebih luas dan mencapai pasar yang lebih luas, serta menginspirasi UMKM lainnya.
Salam Bahasa Bisnis,
Penulis : Amelia Evita
Editor : Az Zahra Safira Devi
Leave a Comment