
- December 22, 2022
- Official BahasaBisnis.id
- 0 Comments
- Akuntansi, Keuangan, Marketing, UMKM
Seberapa Pentingnya pendampingan untuk UMKM
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah telah mampu membuktikan kemampuannya dalam perekonomian Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari besarnya penyerapan tenaga kerja yang diakibatkan dari eksistensi UMKM serta adanya penyumbangan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Sektor ini dapat menjadi tulang punggung perekonomian nasional karena dapat dilakukan siapapun dengan modal terbatas.
Oleh karena itu pelatihan dan pendampingan kewirausahaan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu cara dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan besar, UMKM lebih membutuhkan banyak persiapan untuk proses adaptasi ini. Selain itu, kemampuan menjangkau pasar yang masih terbatas dikarenakan modal dan fasilitas yang minim.
Hal ini dikarenakan UMKM masih memiliki beberapa kelemahan seperti kemampuan pengelolaan usaha profesional, inovasi produk dan quality control sebagai salah satu cara untuk tetap menjaga kualitas produk. Selain itu kelemahan UMKM juga terletak pada pemasaran produk yang dilakukan secara tradisional yakni informasi dari mulut ke mulut.
Sebagian besar UMKM masih berupa usaha perorangan dan belum berbentuk badan hukum, sehingga menjadi kendala ketika akan mengakses fasilitas kredit dari lembaga keuangan. Dari sisi akuntabilitas juga masih menjadi kendala karena belum dimilikinya kemampuan pengelolaan administrasi perusahaan yang baik. Kendala dari faktor eksternal juga banyak. Seperti iklim usaha belum kondusif disebabkan belum adanya keterpaduan kebijakan dari para pemangku kepentingan utama dalam UMKM
Aspek legalitas mengenai beberapa perizinan, seperti izin usaha, izin,lokasi dan persyaratan bagi UMKM dalam mendapatkan bantuan permodalan lembaga keuangan, kemudian kendala akses terhadap bahan baku guna keberlanjutan usaha masih dialami sebagian besar UMKM. Begitu juga kemampuan mengakses teknologi hingga seringkali pasar dikuasai perusahaan-perusahaan besar. Termasuk kemampuan mengikuti perkembangan selera konsumen cepat sekali berubah belum maksimal dilakukan.
Itu dia sedikit pembahasan mengenai pentingnya pendampingam UMKM, Karena sudah sepatutnya bisnis sobat Bahasa Bisnis berkembang bukan!
Salam Bahasa Bisnis,
Valentina Caroline
Leave a Comment