#BahasaBisnis 101 – B2C
Halo sobat Bahasabisnis.id kali ini dalam Episode #BahasaBisnis101 kita membahas tentang B2C.
B2C merupakan singkatan dari Business to Customer. B2C adalah transaksi atau hubungan bisnis antara bisnis dengan konsumen selaku end user seperti kita saat berbelanja di toko. Model bisnis ini sering kali dilakukan pada pasar e-commerce. Target pasar dalam B2C ini yaitu individu. Transaksi dalam B2C cenderung melibatkan jumlah yang lebih kecil dan memiliki waktu yang lebih cepat.
Pelaku bisnis B2C harus mampu memenuhi kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, pelaku B2C dapat memaksimalkan dalam hal pengalaman pelanggan. Beberapa faktor yang mulai diperhatikan mencakup pada peningkatan kualitas produk.
Contoh B2C
- Bisnis yang menjual produk atau jasanya kepada konsumen secara online atau melalui internet. Model bisnis ini biasanya dijumpai di platform e-commerce. Misalnya, Shopee, Lazada, Tokopedia, dll.
- Sebuah toko atau supermarket menjual berbagai kebutuhan sehari-hari kepada konsumen akhir, yang nantinya akan digunakan untuk keperluan sehari-hari mereka.
- Layanan streaming online, seperti musik dan video, menyediakan konten hiburan langsung kepada konsumen yang berlangganan layanan mereka.
- Perusahaan layanan transportasi umum menjual tiket perjalanan, seperti tiket pesawat, kereta, kapal, dan bus, kepada penumpang untuk digunakan dalam perjalanan mereka.
Demikian penjelasan mengenai B2C. Setiap pelaku usaha kecil atau menengah dapat melakukan model bisnis B2C tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan bisnis Sobat BasBis. Sampai jumpa di episode #BahasaBisnis101 berikutnya!
Salam Bahasa Bisnis
Az Zahra Safira






Leave a Comment