Formula Copywriting Bikin Bisnismu Auto Dilirik
Apa itu copywriting?
Teknik menulis naskah untuk membuat orang melakukan suatu tindakan. Contohnya membeli produk/jasa, berlangganan, berkunjung, mengikuti atau follow, menambah beli produknya.
Faktanya, 61% pengguna internet di dunia melakukan penelitian sebelum membeli produk di mesin pencarian (HubSpot). Maka dari itu, akan sangat rugi jika kamu melewatkan copywriting dalam bisnis kamu.
Salah satu formula nyang paling ampuh dalam copywriting adalah formula AIDA. AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Berikut penjelasan lengkap mengenai formula tersebut:
- Attention
Cara untuk menarik perhatian audiens. Berikan kata-kata yang relate dengan audiens. Buat mereka merasa “ah itu gua banget”. Cara menarik perhatian audiens, sebagai berikut:
- Judul/headline
- Gambar
- Kalimat-kalimat pembuka
2. Interest
Memancing minat calon pelanggan agar ingin tau lebih tentang produk kamu. Contoh, Informasi atau Fakta, Statistik, dan Studi Kasus.
- Desire
Kasih benefit atau manfaat serta pancing emosi negatif dan berikan solusi yang dapat diselesaikan oleh produk kamu.
- Action
Ajak calon pelanggan untuk mengambil tindakan. Misalnya, membeli produk, membuat akun, mendownload, mengirim email. Bagian ini sering disebut dengan CTA (Call to Action).
Contoh penggunaan AIDA dalam copywriting
- Attention
“Belanja udah pasti harus 100% ORI dong!
- Interest
“Hanya di Shopee 10.10 Brand Festival 😍
- Desire
“Dapatkan promo bombastis mulai dari gratis ongkir Rp0, Setiap Hari Super Brand Day hingga 100 Brand diskon 50% spesial buat kamu! 😎
- Action
“Langsung cek info lengkap di sini 👉 https://s.shopee.co.id/7fGymUTmka”
Demikian penjelasan lengkap mengenai formula copywriting AIDA hingga contoh penerapannya. Udah pernah cobain formula ini belum? Gunakan formula ini di copywriting Sobat BasBis ya!
Salam Bahasa Bisnis,
Az Zahra Safira Devi






Leave a Comment