#BahasaBisnis 101 – BMC
Halo sobat Bahasabisnis.id kali ini dalam Episode #BahasaBisnis101 kita membahas tentang BMC.
Setiap pelaku usaha pastinya ingin bisnis yang mereka jalankan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk dapat merancang bisnis dengan lebih optimal, salah satunya dengan menggunakan BMC.
Apa itu BMC? BMC atau Business Model Canvas merupakan tools yang digunakan untuk menggambarkan model bisnis yang dapat diimplementasikan ke berbagai sektor bisnis. Pada dasarnya, konsep BMC ini mengandalkan tentang gambaran ide dalam setiap pelaku bisnis untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis sehingga dapat berjalan dengan optimal.
Yuk kita lihat contoh template dari Business Model Canvas
Di atas terdapat 9 elemen penting Business Model Canvas yang dapat membantu pelaku bisnis dalam menggambarkan model bisnis Anda, berikut penjelasan lengkapnya:
- Customer Segments
Anda harus mengerti produk atau jasa dijual ke siapa dan kemana saja. Dalam hal ini, Anda harus mengerti tentang target customer dalam bisnis Anda.
- Value Propositions
Anda harus tahu apa yang membuat customer mau untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, produk atau jasa yang Anda tawarkan harus memiliki keunikan yang menjadi pembeda dari pesaing bisnis lainnya.
- Channels
Dalam business model canvas, channels merupakan sarana untuk pelaku bisnis agar bisnis Anda sampai ke customer.
- Customers Relationships
Membangun interaksi lebih dengan dengan customer merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi bisnis yang sedang Anda jalankan. Customers relationship merupakan strategi yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan customer. Simple nya, gimana caranya agar Anda sebagai pemilik bisnis tetap bisa menjaga hubungan dengan customer.
- Revenue Streams
Perencanaan bisnis untuk mengetahui cara customer membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Key Resources
Key resource dalam business model canvas merupakan perencanaan daftar sumber daya yang harus dimiliki pelaku bisnis untuk menciptakan proporsi nilai. Pada hal ini yang menjadi sumber kekuatan utama yaitu aset, finansial, dan juga Sumber Daya Manusia (SDM).
- Key Activities
Key activities merupakan keseluruhan aktivitas pelaku bisnis dalam menciptakan value propositions.
- Key Partnership
Key partnership merupakan daftar partner yang diperlukan untuk pelaku bisnis dalam mewujudkan proporsi nilai
- Cost Structure
Pemetaan biaya-biaya yang digunakan untuk mengoperasikan bisnis dalam mewujudkan value proposition kepada customer dengan tepat.
Jadi, dengan mengimplementasikan elemen-elemen business model canvas, pelaku bisnis menjadi memiliki panduan yang lebih jelas dan terstruktur dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan demikian, penggunaan BMC menjadi sebuah langkah awal untuk menuju kesuksesan bisnis Anda.
Salam Bahasa Bisnis,
Az Zahra Safira Devi
Leave a Comment