
Harga Murah, Tapi Kok Nggak Laku? Cari Tahu Penyebabnya Tidak Cukup Untuk Menarik Perhatian Pembeli!
Hallo Sobat Bahasabisnis.id, pernahkah Anda berpikir bahwa menjual produk dengan harga murah akan membuatnya laku keras? Namun kenyataannya nih, banyak pebisnis yang mengalami kesulitan meskipun menawarkan harga yang sangat bersaing. Konsumen seringkali lebih memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memiliki nilai lebih, bukan sekadar yang murah. Jadi, mengapa strategi harga murah saja tidak cukup untuk menarik perhatian pembeli?
Berikkut penyebab mengapa tidak boleh menentukan harga asal murah saja:
- Konsumen Mencari Kualitas, Bukan Hanya Harga
Memang benar bahwa harga merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian, tetapi kualitas tetap menjadi faktor utama yang dipertimbangkan konsumen. Produk murah yang tidak berkualitas justru bisa menurunkan minat pembeli. Survei menunjukkan bahwa konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk produk berkelanjutan mencapai skor 6,54 (Katadata.co.id).
- Murah Bisa Membuat Konsumen Curiga
Harga terlalu rendah kadang membuat konsumen ragu pada keaslian atau kualitas produk. Harga yang terlalu murah dapat menurunkan persepsi pelanggan, membuat mereka curiga atau skeptis terhadap nilai produk tersebut (Source : Kompas.com).
- Tidak Ada Diferensiasi Produk
Persaingan yang ketat di pasar membuat konsumen cenderung memilih produk yang tidak hanya murah, tetapi juga memiliki nilai tambah yang membedakannya dari produk lain. Produk yang hanya mengandalkan harga murah tanpa keunikan seringkali kalah bersaing. Produk yang gagal di pasaran sering kali disebabkan oleh kurangnya keunikan dan inovasi (Zahiraccounting.com).
- Tidak Memberikan Pengalaman Pelanggan Yang Baik
Pelayanan yang tidak memuaskan dapat membuat konsumen kabur, meskipun produk yang Anda jual sangatlah terjangkau. Studi oleh Zendesk, 52% pelanggan berhenti membeli dari suatu perusahaan setelah mengalami satu kali layanan yang buruk (Weefer.co.id).
- Tidak Sesuai Dengan Target Pasar
Harga murah juga tidak akan efektif jika produk yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan atau keinginan target pasar. Misalnya, produk yang terlalu murah untuk segmen pasar yang mengutamakan kualitas atau prestise tidak akan menarik perhatian mereka. Menurut Marketlab, banyak pelaku UMKM hampir gulung tikar karena menghabiskan hampir 70% modalnya untuk memproduksi barang yang tidak laku di pasaran (Umkmindonesia.id).
Jika produk Anda tidak memenuhi kebutuhan pasar, maka harga murah pun tidak akan menyelamatkan penjualan. Penting untuk memahami target pasar Anda dengan baik sebelum menentukan harga
Harga murah memang dapat menarik perhatian konsumen dalam beberapa kasus, namun itu saja tidak cukup untuk memastikan produk Anda laku keras. Konsumen kini mencari lebih dari sekadar harga yang terjangkau; mereka mencari kualitas, pengalaman pelanggan yang baik, dan nilai tambah dari produk yang mereka beli.
Fokuslah pada memberikan nilai yang lebih dari sekadar harga, seperti kualitas produk yang unggul, pelayanan yang ramah dan responsif, serta keunikan yang membedakan produk Anda dari pesaing. Dengan begitu, produk Anda bisa menjadi pilihan utama bagi konsumen, dan bukan hanya pilihan karena harga yang murah.
Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda akan lebih mudah menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda dan menjangkau pelanggan yang loyal. Jangan hanya tergoda dengan harga murah, tetapi pastikan Anda juga memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan secara keseluruhan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan share ke rekan-rekan pebisnis lainnya ya dan follow Instagram @bahasabisnis.id untuk informasi lebih lanjut seputar bisnis!
Source:
- https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/cara-menemukan-pelanggan-yang-tepat-buat-bisnismu-kenali-apa-itu-product-market-fit?utm_source=chatgpt.com
- https://www.weefer.co.id/2024/09/customer-retention-adalah/?utm_source=chatgpt.com
- https://zahiraccounting.com/id/blog/alasan-utama-sebuah-produk-baru-gagal/?utm_source=chatgpt.com
- https://umkm.kompas.com/read/2024/03/20/090300983/4-alasan-harga-produk-tidak-boleh-terlalu-rendah?page=all&utm_source=chatgpt.com
- https://katadata.co.id/ekonomi-hijau/ekonomi-sirkular/612499e309ba9/survei-kic-konsumen-bersedia-bayar-mahal-untuk-produk-berkelanjutan?utm_source=chatgpt.com
Salam Bahasa Bisnis
Az Zahra Safira Devi
Leave a Comment